Tulungagung-Jum’at, 21 Juli 2023. Kelompok 500 MMD-1000D Universitas Brawijaya memasuki minggu ketiga sejak pemberangkatan yang dilakukan pada tanggal 1 Juli 2021. Program kerja MMD-1000D UB Kelompok 500 tahun ini dilaksanakan di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Kelompok 500 MMD-1000 UB memiliki salah satu program kerja yaitu sosialisasi pembuatan Eco-Enzyme dengan memanfaatkan sampah rumah tangga bersama ibu-ibu PKK yang dipandu oleh salah satu mahasiswa jurusan Agribisnis yaitu Ahmad Faiz Rizky Syahputra. Eco-Enzyme masih terdengar asing ditelinga masyarakat Desa Keboireng, karena biasanya limbah sampah organik yang dihasilkan rumah tangga hanya dibuang atau dijadikan pakan ternak. Sehingga pembuatan Eco-Enzyme dapat menarik minat masyarakan khususnya ibu-ibu PKK, karena sampah organilk tersebut dapat dijadikan cairan serbaguna yang dapat dimanfaatkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam upaya untuk mendorong kesadaran akan pentingnya lingkungan yang bersih dan berkelanjutan, ibu-ibu PKK Desa Keboireng aktif mengikuti sosialisasi pembuatan Eco Enzyme yang diadakan oleh kelompok 500 MMD UB. Acara tersebut telah berhasil menarik perhatian dengan jumlah partisipan sebanyak 13 orang anggota PKK. Acara ini merupakan bagian dari inisiatif Mahasiswa untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan mempromosikan gaya hidup yang lebih berkelanjutan. Ibu-ibu PKK juga turut serta dalam praktik langsung pembuatan Eco-Enzyme.

Eco Enzyme adalah cairan biologis yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti sisa-sisa buah dan sayuran, air, dan gula. Cairan ini dapat digunakan sebagai pengganti bahan kimia berbahaya dalam berbagai keperluan rumah tangga dan pertanian. Dalam acara sosialisasi ini, para peserta diajak untuk memahami langkah-langkah serta praktik pembuatan Eco Enzyme dan manfaatnya bagi lingkungan. Dengan mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya, Eco Enzyme membantu mengurangi polusi dan mereduksi sampah organik yang dibuang ke tempat pembuangan akhir. Selain itu, cairan ini juga berpotensi meningkatkan kesuburan tanah dan mendukung pertumbuhan tanaman secara alami.

Salah satu peserta, Ibu LIlis sebagai ketua PKK mengatakan “Semoga kegiatan yang dilakuakan dapat memberikan manfaat bagi kami (anggota PKK) khususnya dan pada masyarakat Desa Keboireng pada umumnya.

Acara sosialisasi ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan semakin meningkat. Dukungan dan kerjasama antara pemerintah desa dan lembaga seperti PKK serta warga setempat memberikan dorongan penting dalam menyebarkan pengetahuan tentang cara berkontribusi pada pelestarian lingkungan melalui langkah-langkah sederhana seperti pembuatan Eco Enzyme.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?