KKN Unesa Branding Online, Lebarkan Sayap Dagang Melalui Pasar Online

 

TULUNGAGUNG—Di zaman yang semakin berkembang, teknologi menjadi pusat kehidupan manusia. Hampir segala aspek kehidupan manusia tidak lepas dari saktinya teknologi. Dari bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan dapat diakses melalui ponsel pintar. Oleh karena itu, dewasa ini pasar online sedang marak di kalangan masyarakat. Pedagang-pedagang milenial masa ini mulai memanfaatkan media sosial sebagai lapak dagang. Selain itu, sudah banyak perusahaan yang menyediakan platform-platform seperti tokopedia, shopee, dan aplikasi lainnya. Dengan adanya teknologi terbaru ini, berbelanja pun dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Dampaknya, bisnis online berkembang semakin besar dan menjadi lading bisnis yang menjanjikan.

Melihat potensi bisnis itu, KKN Unesa Keboireng kemudian mendorong beberapa pedagang di desa Keboireng untuk masuk ke dalam bisnis online. Karena dari pengamatan yang dilakukan, pasar sebagian besar pengusaha industry di desa Keboireng masih mencakup wilayah yang sempit. Maka dari itu, pemasaran online sangat perlu dilakukan untuk memperkenalkan produk-produk ini kepada masyarakat yang lebih luas. Produk yang yang dipasarkan ada tiga, yaitu tas plastik, bunga plastic, dan gethuk.

Dalam rangka masuknya warga Keboireng dalam ranah bisnis online, KKN Unesa Keboireng membantu warga me-branding produk dagang. Bantuan-bantuan tersebut berupa photo shoot produk, pembuatan poster, dan pemasaran melalui instagram. Instagram dipilih sebagai pasar karena media sosial tersebut dinilai sedang trend saat ini. Tercatat terdapat 59.840.000 pengguna aktif Instagram di Indonesia. Poster pun dibuat dengan semenarik mungkin, baik dari segi pengambilan gambar produk sampai desain poster. Hal ini ditujukkan supaya dengan menangkap secara visual di media sosial, konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut.

“Intinya, dengan memoto dan meng-uploud di internet sudah menjadi poin utama untuk mengenalkan produk kita ke khalayak umum,” ucap Bela, Ketua KKN Unesa Keboireng.

Dengan adanya branding online ini, diharapkan masyarakat Keboireng dapat mengenalkan dan mendorong masyarakat untuk belajar cara memasarkan dagangannya secara online. Selain itu, diharapkan pula produk-produk yang sudah dipasarkan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak melulu hanya mencakup wilayah sekitar desa.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?